Monday, August 20, 2012

Vorstellungsgespräch

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban yang biasa dilontarkan saat berkenalan, atau bila membutuhkan informasi mengenai seseorang yang belum dikenal, misalnya dalam suatu wawancara.


DALAM SITUASI RESMI

+ Wie ist Ihr Name? ~ Siapa nama Anda?
- Mein Name ist Schmidt. Melanie Schmidt. ~ Nama saya Schmidt. Melanie Schmidt.
*Name ~ nama lengkap: Melanie Schmidt, atau nama keluarga: Schmidt
 Familienname ~ nama keluarga: Schmidt
 Vorname ~ nama depan: Melanie
 Spitzname ~ nama panggilan / nama tenar, misalnya Mel, Lanie, dan sebagainya

+ Wie heissen Sie? ~ Siapa nama Anda?
- Ich heisse Schmidt. Melanie Schmidt. ~ Nama saya Schmidt. Melanie Schmidt.
*Dalam situasi resmi, orang Jerman biasa menyebutkan nama keluarganya terlebih dahulu.

+ Sind Sie Melanie Schmidt? ~ Apakah Anda Melanie Schmidt?
- Ja, das bin ich! ~ Ya, itu saya!
- Nein, das bin ich nicht ~ Tidak, itu bukan saya!

+ Wie alt sind Sie? ~ Berapa umur Anda?
- Ich bin 27 Jahre alt. ~ Umur saya 27 tahun.

+ Ihr Geburtsdatum? ~ Tanggal lahir Anda?
- 1. Januar 1985

+ Wann und wo sind Sie geboren? ~ Kapan dan di mana Anda dilahirkan?
- Ich bin am 1. Januar 1985 in Mainz geboren. ~ Saya dilahirkan pada tanggal 1 Januari 1985 di kota Mainz.
*Mainz adalah ibukota negara bagian Rheinland-Pfalz.

+ Was sind Sie von Beruf? ~ Apa pekerjaan Anda?
- Ich bin Lehrerin. ~ Saya (adalah) seorang guru.
atau
- Ich arbeite als Apothekerin. ~ Saya bekerja sebagai apoteker.
atau
- Ich studiere Lebensmitteltechnologie. ~ Saya kuliah teknik pangan.

+ Wo kommen Sie her? ~ Dari mana Anda berasal?
- Ich komme aus der Schweiz. ~ Saya berasal dari Swiss.

+ Wo wohnen Sie?
~ Di mana Anda tinggal?
- Ich wohne an der / in der Leipzigerstrasse 17. ~ Saya tinggal di Leipzigerstrasse 17.

+ Sind Sie ledig? ~ Apakah Anda belum kawin?
- Ja, ich bin ledig. ~ Ya, saya belum kawin.
atau
- Nein, ich bin nicht ledig.

*ledig = unverheiratet ~ belum kawin
 verheiratet ~ sudah menikah
 geschieden ~ cerai
 verwitwet ~ janda / duda


+ Haben Sie Kinder? ~ Anda punya anak?
- Ja, ich habe Kinder. ~ Ya, punya.
atau
- Nein, ich habe keine Kinder. ~ Tidak punya.

+ Wohnen Sie alleine? ~ Anda tinggal sendiri?
- Ja, ich wohne alleine. ~ Ya, saya tinggal sendiri.
atau
- Nein, ich wohne nicht alleine. ~ Tidak, saya tidak tinggal sendiri.

+ Wie ist Ihre Telefonnummer?
~ Berapa nomor telepon Anda?
- Meine Telefonnummer lautet ... ~ Nomor telepon saya ...


DALAM SUASANA SANTAI / TIDAK RESMI

+ Wie heisst du? ~ Siapa namamu?
- Ich heisse Melanie. ~ Namaku Melanie.
atau
- Ich bin Melanie. ~ Aku (adalah) Melanie.
*Dalam suasana santai / tidak resmi, orang Jerman tidak peduli dengan nama lengkap atau nama keluarga seseorang, melainkan cukup nama panggilannya saja.
*Seringkali, di depan nama panggilan ditambahkan kata sandang die atau der tergantung jenis kelamin si penjawab. Dalam contoh di atas, karena Melanie adalah seorang perempuan atau wanita, maka menjadi: Ich bin die Melanie. Namun, bila laki-laki -misalnya bernama Paul- maka menjadi: Ich bin der Paul.

+ Bist du die Melanie? ~ Apakah kamu Melanie?
- Ja, das bin ich! ~ Ya, itu aku!
- Nein, das bin ich nicht! ~ Tidak, itu bukan aku!

+ Wie alt bist du denn? ~ Usiamu berapa?
- Ich bin 27 Jahre alt. ~ Aku berusia 27 tahun.
*denn di sini boleh dihilangkan.

+ Wann hast du Geburtstag? ~ Kapan kamu berulang tahun?
- Am 1. Januar 1985 ~ Tanggal 1 Januari 1985.

+ Wann und wo bist du geboren? ~ Kapan dan di mana kamu dilahirkan?
- Ich bin am 1. Januar 1985 in Mainz geboren. ~ Aku dilahirkan pada tanggal 1 Januari 1985 di kota Mainz.

+ Was bist du von Beruf? ~ Apa pekerjaanmu?
atau
+ Was machst du so im Leben?
- Ich bin Lehrerin. ~ Aku (adalah) seorang guru.
atau
- Ich arbeite als Apothekerin. ~ Aku bekerja sebagai (seorang) apoteker.
atau
- Ich studiere Lebensmitteltechnologie. ~ Aku kuliah teknik pangan.

+ Wo kommst du her? ~ Dari mana asalmu?
- Ich komme aus der Schweiz. ~ Aku dari Swiss.

+ Wo wohnst du? ~ Kamu tinggal di mana?
- Ich wohne an der / in der Leipzigerstrasse 17. ~ Aku tinggal di Leipzigerstrasse 17.

+ Bist du ledig? ~ Kamu belum kawin?
- Ja, ich bin ledig. ~ Ya, aku belum kawin.
atau
- Nein, ich bin nicht ledig.
 + Hast du Kinder? ~ Kamu punya anak?
- Ja, ich habe Kinder. ~ Ya, punya.
atau
- Nein, ich habe keine Kinder. ~ Enggak, aku enggak punya anak.

+ Wohnst du alleine? ~ Kamu tinggal sendiri?
- Ja, ich wohne alleine. ~ Ya, aku tinggal sendiri.
atau
- Nein, ich wohne nicht alleine. ~ Enggak, aku enggak tinggal sendiri.

+ Wie ist deine Telefonnummer? ~ Nomor teleponmu berapa?
- Meine Telefonnummer lautet ... ~ Nomor teleponku ...

No comments: