Saturday, April 5, 2014

Genitiv, Dativ, Akkusativ

GENITIV
menunjukkan kepemilikkan, misalnya:

das Haus meiner Schwester = the house of my sister = rumah (milk) adik saya 

DATIV
biasa disebut sebagai penunjuk objek tidak langsung 

AKKUSATIV
objek langsung

Kata kerja yang diikuti Dativ (mengacu pada manusia), seperti: 

geben - memberi
Ich gebe dir. - Aku memberimu. | Aku memberi padamu.

zeigen - menunjukkan
Ich zeige dir. - Aku menunjukkan padamu.

sagen - mengatakan
Ich sage dir. - Aku mengatakan padamu.

Biasanya, kata kerja yang diikuti Dativ, bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, memerlukan "kepada" atau "pada".

Bila geben | zeigen | sagen diikuti Akkusativ, maknanya bisa menjadi janggal, berbeda, atau kurang lengkap.

Ich gebe dich. - Aku memberikanmu.

Semoga terasa perbedaan antara memberimu dengan memberikanmu.

memberikanmu itu seperti memberikan anak (si "kamu") pada orang lain untuk diasuh.

Akan ditemui kalimat seperti:

Ich gebe dir das Buch. 

di mana terdapat Dativ (dir) dan Akkusativ (das Buch | ein Buch).

Prioritaskan Dativ untuk manusia sebab bila tidak, kalimatnya akan menjadi janggal.

Bandingkan:

Ich gebe dir das Buch. - Aku memberimu buku itu. | Aku memberikan kepadamu buku itu.

di mana, dir (kamu)-nya Dativ, das Buch-nya (Akkusativ), dengan:

Ich gebe dem Buch dich. - Aku memberikanmu kepada buku itu.

di mana, dem Buch-nya Dativ dan dich-nya Akkusativ.

No comments: