Sunday, September 2, 2012

nicht - nichts

Apa beda nicht dan nichts?

Dalam bahasa Inggris: nicht - not, sedangkan nichts - nothing. 

Contoh 1:

Ich kenne Brad Pitt. Er ist mein Lieblingsschauspieler.
I know Brad Pitt. He is my favourite actor.
Saya tahu/kenal Brad Pitt. Ia adalah aktor favorit saya.

Pada kalimat di atas, kita menyatakan bahwa kita tahu atau mengenal Brad Pitt walaupun hanya melalui TV. Namun, bila kita tidak tahu Brad Pitt (sama sekali), maka kita tinggal menambahkan nicht pada kalimat di atas hingga menjadi:

Wer ist Brad Pitt? Ich kenne ihn nicht.
Who is Brad Pitt? I do not know him.
Siapakah Brad Pitt? Saya tidak mengenalnya.

Contoh 2:

Ich habe nichts zu tun.
I have nothing to do.
Saya tidak punya apa-apa untuk dikerjakan.

Selain nicht dan nichts, kamu juga akan menemukan noch nicht dan noch nichts.

Contoh 3: 

Ich bin noch nicht fertig mit dem Essen.
I am not yet finished eating.
Saya belum selesai makan.

Contoh 4:

Ich schreibe morgen eine Klausur. Aber bis jetzt habe ich noch nichts gelernt.
I'll be writing a test tomorrow. Yet by now I have not studied anything.
Besok saya akan menempuh ujian. Tapi, sampai sekarang saya belum belajar apa-apa.

No comments: